Daftar dan Nikmati Penyimpanan Gratis Sampai 20 GB, Gabung di Dropbox dapat Free 500 MB, daftar sekarang juga
=> DAFTAR GRATIS <=

Recoveri Data di Linux


Kemarin saya tidak sengaja menghapus file di partisi data saya yang berformat file system ext4, saya menghapusnya dengan menekan Shitf + Del sehingga filenya tidak masuk ke trash (kotak sampah) dulu. Hasil dari Googling ternyata bisa pake software photorec untuk mengembalikan data yang kehapus tadi.
1. Install dulu photorec sesuai dengan distro anda
2. Jalankan terminal dan masuk ke lokasi dimana file hasil recovery akan disimpan, misal di /home/kubuntu/RECOVERED_FILES
2. Jalankan photorec
sudo photorec
Pilih Disk yang akan di recovery > Proceed

Pilih partisi yang akan direcovery datanya. Ingat partisi yang direcovery dan partisi tempat menyimpan file hasil recovery jangan sama, nanti datanya ngga bakal bisa dibalikin. Disini partisi sda3 (data) yang akan saya recovery file didalamnya
> Search

Pilih format file systemnya, saya pilih ext2/ext3 karena akan merecovery file di partisi filesystem ext4

Pilih Whole

Tekan C


Tunggu prosesnya sampai selesai, filenya bisa anda temukan di tempat anda menyimpan tadi. Nama filenya bisa berubah anda harus nyari satu2 

Semoga bermanfaat

0 Response to "Recoveri Data di Linux"

Posting Komentar

Saran dan Masukan lebih diutamakan, tidak suka menerima cacian tapi suka menerima sumbangan