Daftar dan Nikmati Penyimpanan Gratis Sampai 20 GB, Gabung di Dropbox dapat Free 500 MB, daftar sekarang juga
=> DAFTAR GRATIS <=

Menghemat Battery di Ubuntu Dengan Jupiter


Pemakai Laptop / Netbook pasti menginginkan agar battery Laptop dapat lebih lama dipergunakan. Namun terkadang tanpa disadari ternyata ada beberapa aplikasi yang tidak perlu dipergunakan namun secara otomatis aktif sehingga membuat boros battery. Nah, pada tutorial kali ini saya akan menyampaikan tata cara install dan setting aplikasi Jupiter di Linux Ubuntu agar battery menjadi lebih hemat.
1.  Tata cara install
Buka terminal dan copy paste kalimat berikut :
$ sudo add-apt-repository ppa:webupd8team/jupiter
$ sudo apt-get update
$ sudo apt-get install jupiter
2. Tata cara setting
Aplikasi Jupiter akan terinstall di Applications –> System Tools –> Jupiter, seperti pada gambar di bawah ini dan akan muncul icon di panel atas seperti gambar kilat.
Saran untuk setting :
Performance Modes agar dipilih “High Performance”, jangan “Power Saver”, karena berdasarkan pengalaman saya kalau pilih “Power Saver” laptop akan menjadi lambat sekali “nge-lag”

  
Disable semua fungsi yang tidak perlu : dalam hal ini saya men-disable semua fungsi : Wifi, Bluetooth dan Touchpad. Kenapa ? Wifi akan saya aktifkan jika memang perlu untuk membagi pakai koneksi internet atau saya berada di area hotspot. Bluetooth akan saya aktifkan jika memang perlu koneksi bluetooth. Apabila telah menggunakan mouse, touchpad sebaiknya di non aktifkan karena terkadang justru mengganggu saat sedang mengetik secara tidak sengaja menyentuh permukaan touchpad.

Apabila tidak sedang melakukan presentasi, kenapa Anda harus mengaktifkan fungsi “Both Display (internal dan eksternal display video)” ? Jadi setting-lah hanya “Internal Display” saja.

Nah semua setting di atas akan menjadi default, jadi tidak perlu setiap laptop dihidupkan Anda harus melakukan setting ulang lagi. Apabila akan mengaktifkan salah satu setting dapat dengan mudah dilakukan dengan klik icon di panel atas. Semoga bermanfaat.

0 Response to "Menghemat Battery di Ubuntu Dengan Jupiter"

Posting Komentar

Saran dan Masukan lebih diutamakan, tidak suka menerima cacian tapi suka menerima sumbangan