Daftar dan Nikmati Penyimpanan Gratis Sampai 20 GB, Gabung di Dropbox dapat Free 500 MB, daftar sekarang juga
=> DAFTAR GRATIS <=

Menghapus Duplicate Contact Pada HP Android


Kembali lagi pada tips android, kali ini saya akan membahas tentang contact. Kita tahu bahwa kita pasti menyimpan contact lebih dari 100 nama dan lebih dari 100 nomer (pasalnya sekarang 1 nama punya 2 nomer). Saya baru saja mengalami hal ini, dan benar saja ketika saya flash ulang dan ingin merestore hasil back up contact lama, pada display view contact terdapat nama dan contact yang duplicate atau double lebih dari dari 2 nama ini tentu saja membuat saya risih. Ketika nama contact tidak sampai 500 sih tidak masalah, namun pada HH saya ini lebih dari 1400 nama yang notabene double / duplicate dari setiap namanya. Langsung saja berikut ini tips dari saya :
1. Masuk ke pesan, simpan dahulu semua nama dan contact baru yang ingin diperbahaarui.
2. Masuk ke contact, lalu pilih export contact to SD Card seperti gambar diatas. Tunggu beberapa saat, HH akan membuat kompresi semua kontak berbentuk dalam format .vcf (ingat ingat nama .vcf yang sedang diproses contohnya 001.vcf)
3. Masuk ke file manager / root explorer seperti gambar diatas, masuk ke SD Card cari backup contact .vcf tadi lalu copy paste ke PC / Laptop.
4. Lalu buka browser anda, masuk ke situs http://contacts.google.com  lalu masukkan alamat email dan pasword yang anda gunakan untuk HH android anda.
5. Lihat toolbar diatas nama nama yang sudah berhasil tersinkronasi oleh google sebelumnya, pilih dan tekan tombol other / lainnya.
6. Pilih impor, lalu masukan file backup contact .vcf tadi. Tunggu beberapa saat hingga google membacanya.
7. Setelah itu pasti tampilan contact akan double double kan? Eitss jangan khawatir, pilih tombol other/lainnya lagi. Lalu pilih menu Temukan dan Gabungkan data rangkap.
8 Akan terdeteksi nama nama dan contact yang double tadi, lalu pilih dan tekan tombol gabung. Tunggu beberapa saat, TARAA.. contact tadi berhasil tergabung.
9. Kembali ke HH anda, masuk ke Setting > Application >> Manage Application >> Contact lalu pilih Clear data. Lalu pilih lagi Contact Storage pilih clear data, otomatis semua contact didalam HH anda akan hilang. Jangan Panik Dulu!! :D
10. Lalu masuk ke Setting > Account and Sync  pilih akun google anda, lalu centang Google contact, dalam sekejap contact yang sudah berhasil anda gabungkan di PC tadi sudah masuk di HH anda.
11. Terakhir, masuk ke Contact > Setting > Save new contact to. Pilih google account, jadi setiap anda menyimpan sudah otomatis tersinkronasi ke contact google.
12. Selesai
Nah gampang sekali bukan? Sekarang tidak perlu lagi khawatir kehilangan kontak, karena setelah kita masuk ke google account, kita sudah dapat sync dari google. ITULAH KELEBIHAN ANDROID!! :)

0 Response to "Menghapus Duplicate Contact Pada HP Android"

Posting Komentar

Saran dan Masukan lebih diutamakan, tidak suka menerima cacian tapi suka menerima sumbangan