Daftar dan Nikmati Penyimpanan Gratis Sampai 20 GB, Gabung di Dropbox dapat Free 500 MB, daftar sekarang juga
=> DAFTAR GRATIS <=

Cara Merawat Baterai Laptop

cara merawat baterai laptop,selama ini banyak orang yang berpendapat dengan melepas baterai itu lebih baik, karena menghemat baterai, apakah itu benar? nah cara yang benar merawat baterai laptop, dilepas atau tidak ?

oke kita lihat pengalaman dari kisah nyata ini.. ada dua pendapat dari orang2...

1. Ada yang berpendapat menyalakan laptop menggunakan AC power dengan keadaan batere terpasang bisa memperpendek usia batere. Jadi sebaiknya batere dicopot kalo pake AC power.

2. Ada juga yang berpendapat menyalakan laptop menggunakan AC power tanpa batere terpasang bisa merusak komponen2 elektronik laptop lebih cepat rusak karena listrik dari power supply lebih besar dari yang seharusnya diterima laptop. Jadi sebaiknya batere tetep dipasang kalo pake AC power.

Dari kedua pendapat tersebut sebenernya ga ada yang bener atau yang salah !!! Yang ada salah satunya (baterai atau komponen dari aleman laptop) yang dikorbankan...

kenapa?
nah karena adatemen saya yang suka melepas baterai saat main games atau melakukan kegiatan yg cukup memberatkan dengan melepas batrainya, dan akhirnya pada suatu hari laptopnya mati total..
dibawalah ke tempat service yg resmi, setelah di periksa yang kena mother boardnya , ganti dengan harga sekita 2,5 jutaan..
wow..

Belum sempet dia tanya kenapa kok laptopnya bisa kaya gitu, teknisinya malah tanya duluan kaya gini "Mas, kalo make laptop pake AC power trus baterenya dicopot ya?" dia jawab "Iya mas, kok tau?"

Trus tu teknisi ngasih penjelasan yeng pada intinya kaya gini :

1. Menyalakan laptop dengan AC power dengan kondisi batere dicopot memang bisa mamperpanjang usia batere.

2. Batere laptop berfungsi sebagai stabilisator karena di dalamnya terdapat penyesuai tegangan (voltage converter) dan sirkuit pengatur (regulator circuit) untuk mempertahankan tingkat keamanan tegangan dan arus listrik.

3. Menyalakan laptop dengan AC power dengan kondisi batere dicopot dapat mempercepat kerusakan komponen elektronik dalam laptop, karena komponen2 tersebut akan menerima tegangan dan arus listrik yang berlebihan.

4. Menyalakan laptop dengan AC power dengan kondisi batere dicopot tetapi menggunakan stabilisator/UPS sedikit banyak juga dapat mempercepat kerusakan komponen elektronik dalam laptop karena tegangan dan arus listrik akan langsung menuju ke komponen daleman laptop tanpa melalui penyesuai tegangan (voltage converter) dan sirkuit pengatur (regulator circuit).

Trus si teknisi tadi ngasih saran gini :
" Kalo pake make AC power mendingan baterainya tetep dipasang. Mending baterenya yang rusak, kalo ganti yang orisinil paling harganya 700 - 800ribuan. Daripada motherboard yang rusak biayanya bisa mahal banget, kalo sampe harus ganti bisa jutaan..."

nah, jadi mulai dari sekarang jangan lagi lepas baterai yaaa... :)

UPDATE : Gunakan aplikasi kecil bernama Batterybar agar baterry anda sedikit lebih awet dari biyasanya link downloadnya ada disini

0 Response to "Cara Merawat Baterai Laptop"

Posting Komentar

Saran dan Masukan lebih diutamakan, tidak suka menerima cacian tapi suka menerima sumbangan